Senin, 27 Juni 2011

Siapa Saja Pemakai Laporan Akuntansi?

Akuntansi menyediakan cara untuk mengumpulkan data ekonomis dan melaporkannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan seperti, para investor baik investor yang baru akan menanamkan modalnya atau sudah menjadi pemilik perusahaan (berupa saham). Pemilik dan calon pemilik (investor) memerlukan informasi akuntansi untuk menilai kinerja suatu perusahaan tertentu dan melihat prospeknya di masa depan. Mungkin bagi pemilik hal itu digunakan untuk memutuskan apakah ia akan tetap mempertahankan status kepemilikannya? atau apakah ia akan menjualnya dan kemudian menanamkan modalnya diperusahaan lain?.
Bagi calon pemilik pasti akan berhati-hati untuk menanamkan modalnya disuatu perusahaan tertentu. Sebelum ia menanamkan modalnya sudah tentu ia melihat keadaan perusahaan itu, apakah baik atau buruk?. Kalau baik sudah pasti banyak investor yang mau bekerjasama dan menanamkan modalnya, kalau buruk yah sudah tendang aja jauh2!!!he..7,.
Selain pihak yang diatas, adapun pihak yang memakai laporan keuangan akuntansi siapa lagi kalau bukan kreditur alias Bank. Biasanya bank akan memberikan pinjaman dan setelah itu ia akan melihat perkembangan perusahaan tersebut untuk mengestimasi apakah perusahaan mampu mengembalikan pinjaman yang telah diberikan. Biasanya untuk perusahaan yang baru akan meminta pinjaman dari bank, laporan keuangan yang baik sangat diperlukan agar bank mau meminjamkannya.. Karena bank sendiri juga akan menilai resiko untuk memberikan pinjaman kepada suatu perusahaan tertentu. Selain itu Badan-badan pemerintah juga berperan dalam pelaku keputusan, yaitu dalam tujuan pajak.
Ingat informasi yang relevan untuk satu pihak mungkin menjadi tidak relevan bagi pihak lain. Akan tetapi, begitu kelompok-kelompok yang membutuhkan informasi akuntansi dapat diidentifikasi, informasi yang relevan juga dapat ditentukan, Jika kedua hal tersebut telah diketahui, seorang akuntan dapat menciptakan kerangka system informsi yang diperlukan untuk membantu setiap kelompok tersebut dalam membuat penilaian dan keputusan yang berhubungan dengan tindakan-tindakan di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar